Rabu, 23 Oktober 2019

Mengenal Hino RG, Chasis Bus Pembalap dari Hino

Hino RG milik Akas (pic : Yosua Krishandova)


ragamoto.blogspot.com – Assalaamualaikum bro sist,  Hino merupakan salah satu pabrikan chasis bus yang mempunyai track record sangat baik di Indonesia, dan bahkan kini sudah menjadi market leader untuk segmen big bus di Indonesia.
Seperti halnya Mercedes – Benz, Hino juga mempunyai beberapa produk yang cukup legendaris salah satunya adalah chasis bus rear engine  “Hino RG” ,   Hino RG memang sudah tidak diproduksi lagi oleh Hino Indonesia, namun meskipun begitu Hino RG telah menjadi salah satu legenda di dunia perbisan Indonesia utamanya di sektor kecepatan.
Hino RG pertama diluncurkan tahun 1994 sebagai pendamping Hino RK2H alias RK Turbo, dilengkapi denga mesin yang bertenaga dan chasis yang panjang membuat Hino RG mendapat sambutan sangat baik dari pasar Indonesia, chasis ini laris manis diborong oleh berbagai Po di Indonesia, bahkan tahun 2000an Hino RG sempat menjadi tren di Indonesia.
Di Indonesia sendiri , Hino RG muncul dalam beberapa varian mesin dan wheelbase, bisa kita lihat pada daftar di bawah ini  :
– Hino RG2H, mesin H07C-Ti, 6728cc,225ps (1994 – 1995)
– Hino RG1JN, Short Wheelbase (5300 mm), mesin J08C-Ti, 7961cc,240ps (1996 -2004)
– Hino RG1JN, Long  Wheelbase (6100 mm), mesin J08C-Ti, 7961cc,240ps (1996 – 2006 )
Hino RG2H adalah versi paling awal dari keluarga Hino RG di Indonesia, Chasis ini keluar tahun 1994-1995 dan merupakan versi “percobaan” dimana dapur pacunya sendiri masih menggunakan mesin  H07C-T yang serupa dengan  Hino RK2H (RK Turbo), namun sudah ditambahkan Intercooler sehingga  Tenaganya pun kemudian naik 15 ps menjadi 225ps dengan 637nm. 
Tenaga dari mesin kemudian disalurkan via transmisi manual 6 speed yang sudah dilengkapi gigi overdrive, dengan rasio gardan 4.800 maka tak heran jika Hino RG dikenal sebagai pelari handal di trek lurus yg memiliki kecepatan puncak hingga 126 km/j.
Hino RG2H hanya tersedia hanya dlm 1 varian wheelbase 6100mm dan memiliki overhang depan dan belakang sangat panjang. . Unit ini juga terbatas, sebagian besar terdapat di Jawa Timur.



Pada tahun 1996 kemudian muncul generasi kedua hino RG berkode  RG1J, Untuk RG generasi kedua ini ditenagai oleh mesin baru berkode J08C-Ti (Turbo, Intercooler) , mesin ini mempunyai teknologi baru yang sejatinya dipersiapkan untuk truk Cruising Ranger. Teknologi baru tersebut adalah mekanisme katup OHC dengan 4 klep tiap silindernya sehingga tenaganya pun meningkat drastis menjadi 240 PS dgn torsi 706nm .
Tenaga dari mesin kemudian disalurkan ke roda via transmisi manual 6 speed type MS06F, dengan final gear 1 : 4300 maka tak heran jika Hino RG dikenal sebagai pembalap handal di trek lurus.
FYI panjang chasis Hino RGIJ adalah 11840 mm, lebih panjang dibandingkan dengan Hino RK 8 yang memiliki panjang chasis 11470 mm. Hino RG sendiri dipasarkan dalam dua versi whellbase yaitu :
RG1JN , whellbase pendek 5300 mm (1996 – 2005)
RG1JS, whellbase panjang 6100 mm (1997 – 2007)


Hino RG Classic (pic : Mazbis)

Untuk sektor pengereman, Hino RG masih menggunakan Air Over Hydraulic system, dengan rem tromol di Keempat roda.
Setelah 10 tahun diproduksi, akhinrya Hino RG dihentikan produksinya pada tahun 2007, dan digantikan oleh adiknya yaitu Hino RK8.
Produk boleh berganti tetapi bagi sebagian penggemar bis, tetap Hino RG tetap di hati, well thanks for reading and see you next time..



source: google, Fb ranger giga, Hino Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar