Mercedes Benz OH 1829 . Dok Pande Bayu
ragamoto.blogspot.com – Dear pembaca sekalian, perusahan otobus yang satu ini memang sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu gudang bus langka di Indonesia, dan seakan sudah menjadi tradisi karena memang sejak tahun 70an Po OBL (Safari Dharma Raya) selalu mempunyai armada istimewa yang speknya jauh di atas bus lain di masanya, sebut saja Mercy OF 1113 Ex PATA (CBU Singapore), Mitsubishi BM 115 (CBU Korea), Ford Metsec, MAN dll.
Nah kali ini kita kan membahas salah satu Chasis bus langka yang dipelihara oleh Po OBL, Chasis ini adalah Mercedes Benz OH 1829/2629, yang di datangkan pada tahun 1999 dan beroperasi 2001, karena Mercedes Benz Indonesia tidak menjual chasis ini, besar kemungkinan chasis ini masuk merupakan pesanan khusus, atau mungkin masuknya lewat jalan IU (Importir Umum).
Tercatat OBL memiliki 4 unit chasis OH 2629 dengan nopol B 7168 DD, B 7168 MV, B1768 NM, dan B 1768 MT , semua unit tersebut menggunakan body setra Adiputro dan bermarkas di Pool OBL Kebayoran, pada masanya chasis digunakan untuk trayek jarak jauh Jakarta – Denpasar . Untuk trayek ini memang OBL selalu menyediakan armada istimewa, selain OH 1829/2629 , OBL juga Mengoperasikan Armada Neoplan, MAN 18.310 HOCL, dan Scania K124 Van Hool .
Selain langka, keistimewaan dari chasis OH 1829 adalah pada sektor engine, dimana OH 1829 dilengkapi dengan mesin diesel Mercedes Benz OM441LAIII/I yang berkonfigurasi V6 , dengan tambahan turbo intercooler , power maksimalnya mampu mencapai 290 HP (213 kW), jauh lebih besar daripada big bus di masanya yang hanya sekitar 210 hp. Oh ya mesin ini sangat mudah dikenali karena konfigurasinya V engine dengan knalpot double, bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Tenaga dari mesin kemudian disalurkan ke roda via transmisi manual 6 percepatan yang sudah dikontrol secara elektris, sedangkan untuk sektor pengereman OH 1829 sudah dilengkapi dengan ABS, Retarder dan Intarder, lagi lagi melebihi bus di zamannya, mengingat pada saat itu rata rata bus hanya mengandalkan rem konvensional + exhaust brake saja .
Untuk sektor kaki kaki, Mercedes Benz OH 1829 mengandalkan built in Air Suspension, hmm pantas saja chasis ini dipasang untuk rute jarak jauh, karena memang nyaman. Seakan belum cukup mekanik OBL kemudian juga melakukan modifikasi dengan melakukan penggantian kaki – kaki, sehingga GVW nya meningkat jadi 26 ton, modifikasi ini dilakukan supaya bus bisa membawa bagasi lebih banyak tetapi tidak terlalu berpengaruh pada ban, karena modifikasi inilah kemudian Chasis OH 1829 sering juga disebut OH 2629 .
Untuk sektor interior, chasis ini juga mempunyai bentuk dashboard yang berbeda dengan bus Mercy umumnya seperti Mercy OH 1518 King dan Mercy OH 1521 Intercooler, bentuk dashboardnya lebih mirip dengan Mercy OH 1632 milik Blue Star .
Namun sayang, seriring berjalannya waktu, satu per satu Mercedes Benz OH 1829 akhirnya tumbang juga dan dikandangkan oleh OBL, karena ketika mengalami kerusakan, spare partnya langka dan mahal, 3 unit mangkrak di pool OBL Kebayoran, tinggal 1 unit nopol B 1768 MT yang masih mengaspal, tapi kemudian di rebody dengan model Travego buatan Karoseri Morodadi Prima.
0 komentar:
Posting Komentar