Mengenal Golden Dragon XML6127D53 , Bus China Terlaris di Indonesia
Goldrag Bejeu B27 . Dok Nova Ardianto
ragamoto.blogspot.com – Sedikit menilik kebelakang, sebetulnya bus China bukan barang baru di Indonesia, mengingat pada dekade 90an perum Damri pernah mendatangkan unit Bus Gandeng Jinghua setelah Ikarus, namun kualitas produk yang kurang baik akhirnya membuat unit tersebut akhirnya seperti Hilang ditelan masa, bus Cina kemudian kembali populer di tahun 2007 – 2010 dengan masuknya medium bus Dongfeng EQ6841KR yang saat itu cukup sukses penjualannya untuk ukuran pendatang baru.
Selain Dongfeng pabrikan yang mempunyai penjualan cukup bagus di Indonesia adalah Golden Dragon, pabrikan bus asal China yang cukup terkemuka di pasaran dunia, Chasis bus golden dragon secara resmi masuk indoensia tahun 2010 Mengambil kesempatan di evet “2010 China Technical Equipment” .
di Indonesia sendiri bus Golden Dragon masuk melalui PT Indo Dongfeng Motor , yang dulu juga memasukkan bus medium Dongfeng EQ6841KR, hasilnya pun cukup manis dalam kurun waktu tiga tahun saja sudah 300 unit chasis Golden Dragon yaang terjual di Indonesia .
Chasis Bus Golden Dragon
Untuk market indonesia, Chasis Golden Dragon di Indoensia tersedia dalam tiga type yaitu Golden Dragon XML6L127D53 ( 330 HP Euro-3 ), Golden Dragon XML6127D52 ( 300HP Euro-2 ), dan Golden Dragon XML6145D13 ( Triple Axle , 375 hp) .
dari semua chasis yang ditawarkan , bisa dibilang model XML6127D53 yang paling laris, apalagi model ini menawarkan produk berspesifikasi tinggi ala bus Premium Eropa tapi dengan harga yang lebih murah dibanding dengan produk Jepang.
Chasis ini Ditenagai mesin Yuchai YC6L 330-30, enam silinder segaris berkapasitas 8.424 cc dengan torsi maksimum 1280Nm/1400 RPM, tenaga dari mesin kemudian diterukan ke roda via transmisi manual 6 speed. meskipun bertenaga besar namun bahan bakar diklaim lebih irit rata-rata ada di kisaran 1 liter untuk 3 – 5 Km, tergantung karakter pengemudi.
Model ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur safety yang mumpuni . Sebut saja ABS, retarder yang biasanya hanya terdapat pada merk Chasis premium dari Eropa. Sedangkan untuk suspensinya sudah menggunakan air suspension.
Semua Chasisnya golden dragon menggunakan chasismodel space frame, sehingga memungkin kan karoseri untuk membuat bagasi yang superluas, dengan harga chasis sekitar 700 juta, nampaknya golden dragon mampu menawarkan value for money yang lebih daripada pesaingnya di level harga yang sama
0 komentar:
Posting Komentar