Kamis, 24 Oktober 2019

Mengenal Mercedes Benz OH 1526 , Chasis Bus Leaf Spring Terakhir dari Mercedes




Mercedes Benz OH 1526 milik Po Maju Lancar

ragamoto.blogspot.com – Mercedes Benz OH 1526 merupakan pembaharuan dari Mercedes Benz OH 1525 yang telah kita bahas pada artikel kemarin, Chasis ini pertama hadir pada tahun 2010, bersamaan dengan meluncurnya Chasis OH 1521 XBC.

Di dapuk sebagai penerus Mercedes Benz OH 1525 tentunya produk ini dituntut harus lebih baik dari generasi sebelumnya , oleh karena itu OH 1526 pun kemudian banyak berbenah pada berbagai sector, mulai dari engine management baru, dashboard yang dilengkapi mid digital, hingga pembenahan di sektor suspensi agar bus menjadi lebih nyaman .


Mesin yang diaplikasikan pada OH 1526 masih sama dengan OH 1525 yakni tipe OM906LA berkapasitas 6.374 cc.

Perbedaan OH 1525 dengan OH 1526 terletak pada engine management system, meski menggunakan dapur pacu yang sama, pengaturan daya dan torsi pada OH 1526 sudah ditingkatkan.
Daya maksimumnya adalah 194 kW (260 PS) pada 2.200 rpm. Sementara, torsi maksimumnya 950 Nm yang bisa dicapai pada 1.200-1.600 rpm.

 Meski tenaganya lebih besar, pihak
 Mercedes-Benz mengklaim konsumsi solar OH1526 bisa 8-15 persen lebih irit daripada OH 1525.
Untuk sistem transmisi, OH 1526 juga menggunakan transmisi seperti yang dipasang pada OH 1525.
Yakni, G 85-6 manual, 6 percepatan maju dan 1 mundur.
Related image
Speedometer Mercedes Benz OH 1526

Update lain pada Mercedes Benz OH 1526 adalah model dashboard baru, meskipun model setirnya masih sama dengan OH 1525 tapi pada OH 1526 Speedometernya berdesain baru dengan perpaduan analog dan digital, bisa dicermati pada foto di atas, Nampak  speedometer, tachometer, fuelmeter dan indikator angn masih analog, tapi pada bagian tenganya sudah ada mid digital untuk menginfokan berbagai kondisi bus seperti  posisi persneling, temperature , odometer, tripmeter ,dan jam. Model speedometer yang sama juga digunakan Oleh Mercedes benz OH 1518 XBC dan OH 1521 XBC.

Chasis Mercedes benz OH 1526 masih bertipe ladder frame yang memang sudah dikenal kuat dan lentur , semantara untuk sector kaki kaki Mercedes -Benz OH 1526 masih setia menggunakan per daun di keempat rodanya, hanya saja sudah detuning ulang, sehingga tidak sekeras Mercy OH 1525 . ditambahkan juga stabilizer dan shock absorbser sehingga bus tetap stabil ketika harus diajak menikung di jalan.


Dengan segala perbaikan tersebut, chasis ini pun kemudian laris manis diborong oleh berbagai Po di Indonesia, gaung yang sempat meredup pada Chasis OH 1525 telah kembali pada 1526, bahkan ada beberapa perusahaan otobus besar yang memborong dalam jumlah massif sepeti Po Lorena (500 unit) dan Po Pahala Kencana (100 unit).

Pada versi ini jugalalah banyak pelanggan setia Meredes dari Pulau Sumatra seperti ALS dan PMTOH kembali membeli banyak chasis dari Mercedes, setelah pada versi OH 1525 hanya sedikit yang dibeli.


Chasis ini termasuk berumur Panjang, karena sejak diperkenalkan tahun 2010 , Chasis Mercedes Benz OH 1526 masih tersedia dalam line Up chasis bus Mercedes -Benz Indonesia, pada kelas yang sama rival abadinya adalah Hino RK8.

Perlu diketahui bahwasannya Mercedes Benz OH 1526 merupakan tipe terkahir Bus Mercedes rear engine yang masih menggunakan suspensi leaf spring dan Chasis Ladder Frame , karena produk Mercedes lainnya sudah mengaplikasikan Air Suspension.

Spesifikasi Teknis MB OH 1526
  • Mesin : OM906LA Euro III, 6374 cc Turbocharger Intercooler
  • Tipe : 6 Silinder Segaris
  • Tenaga Maksimal : 194 kW (260 PS ) pada 2.200 rpm
  • Torsi Maksimal : 950 nm pada 1.200–1.600 rpm
  • Transmisi : G85 6 Speed Manual
  • Suspensi : Leaf Spring
  • Steering : ZF 8097 Power Steering
  • Tyres : 8.25 x 22.5
  • Standar Emisi : Euro 3
  • Gross Vehicle Weight : 16 ton


0 komentar:

Posting Komentar