ragamoto.blogspot.com β Sobat bismania, tempo dulu Mercedes Benz pernah merajai pasaran bus bermesin depan di Indonesia dengan produk andalannya Mercedes Benz OF 1113
Namun pasca dihentikannya produksi chasis ini pada tahun 1990an, praktis pasar chasis bus bermesin depan kemudian menjadi bancakan bagi brand Jepang seperti Hino AK, Nissan CB, dan Mitsubishi BM, yang pada akhirnya hanya menyisakan Hino AK yang mampu bertahan, padahal chasis bus mesin depan pasarnya besar lho terutama untuk bus ekonomi dan bus atb, maka kemudian Hino lah yang panen dengan produk andalan mereka Hino AK8 .
Mercedes-Benz pun nampaknya sudah mulai gerah, dalam acara gala dinner Mercedes-Benz Bus Club of Millionaires di Trans Luxury Hotel, Bandung, (8/12/17) Ralf Kraemer selaku Managing Director Commercial Vehicle PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) memberikan sambutan sekaligus memamerkan sketsa bus terbaru yang akan dipasarkan MBDI tahun depan.
Bus tersebut adalah bus Mercedes-Benz tipe bus besar bermesin depan dengan gross vehicle weight (GVW) atau berat kotor 16 ton.Teka teki ini akhirnya menemukan titik terang ketika PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia selaku agen tunggal pemegang merk kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia secara resmi meluncurkan Mercedes -Benz OF 1623 RF di ICE BSD City, Tanggerang, Kamis (6/12/2018) .
Dalam kesempatan ini Chasis Mercedes Benz OF 1623 Nampak sangat gagah dalam balutan body Max HDD jahitan Karoseri Tentrem , pada kaca depan terpampang besar besar tenaga dari chasis ini yaitu β230 Horsepowerβ yang seakan menunjukkan bahwa chasis ini mempunyai tenaga yang lebih superior dibanding rival terdekatnya Hino AK8 215.
Seperti halnya Fuso FJ dan Mercedes Benz OF 917, Chasis Mercedes Benz OF 1623 ini juga diproduksi di pabrik Daimler India (Bharat Benz), Chasis baru ini menggunakan mesin Mercedes-Benz OM 906LA ,mesin yang sam dengan yang digunakan oleh Mercedes Benz OH 1525 dan 1526 yang sudah terbukti durabilitynya. Dengan basis mesin sama tentunya mempermudah pemilik dalam urusan mencari spare part mesin.
Mesin OM 906 LA untuk Mercedes Benz OF 1623 ini disetting untuk menghasilkan tenaga maksimal hingga 230 hp dan torsi maksimal 850Nm. Tenaga tersebut kemudian diteruskan ke roda via transmini manual 6 percepatan model G85, yang sudah dilengkapi dengan gigi overdrive untuk menambah efisiensi.
Koplingnya sendiri berdiameter 395 mm dan mempunyai ketebalan 3.5 mm wear depth, yang dikembangkan khusus dari material organik sehingga bisa mienyalurkan tenaga lebih maksimal dan mengurangi panas kopling.
Meskipun chasis ini ditujukan untuk kelas entry level, tapi Chasis bus ini tetap dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan eksklusif dari Mercedes-Benz ,seperti sistem pengereman udara khas Mercedes-Benz, full air brake system, plus rem tambahan exhaust brake dan open throttle valve.
Ada juga fitur auto slack adjuster yang membuat pengereman lebih pakem dan pengemudi tidak perlu melakukan setting ulang komponen rem secara berkala
Untuk memastikan kenyamanan di perjalanan agar bus tidak limbung chassis Mercedes-Benz OF 1623 juga sudah dilengkapi dengan stabilizer pada roda depan dan roda belakang. Kenyamanan di perjalanan dimaksimalkan berkat pengaplikasian suspensi per daun (leaf spring) tipe parabolic dengan dual acting shock absorber untuk memberikan stabilitas bus, baik bagi kenyaman penumpang maupun pengemudi
Dengan meluncurnya chassis terbaru OF 1623 ini, maka pelanggan-pelanggan lama bus Mercedes-Benz mesin depan, sangat potensial untuk ditarik kembali, terutama pada segmen bus kota dan bus antar kota jarak memengah, apalagi dengan nama besar OF series yang dulu pernah mendapat reputasi sangat baik.
Namun tentunya harga akan sangat berpengaruh, karena bisa dibilang chasis ini model entry level, kalau harganya terlalu mahal ya pastinya pada milih chasis bus mesin belakang/depan dari merk sebelah π π
SPESIFIKASI MERCEDES BENZ OF 1623 RF
Chassis Specifications | |
---|---|
Engine | |
Type | OM 906 |
Number of Cylinders | 6 in-line |
Displacement | 3 670 cc |
Output | 170 kW at 2 200 rpm |
Torque (max) | 810 Nm at 1 200 β 1 600 rpm |
Transmission | |
Model | G 85 |
Gearbox Type | 6 Speed Manual |
Drive | Rear Axle Ratio 5.22 |
Braking Systems | |
Full braking system includes | Spring loaded rear chambers with air release |
Brakes | |
Front; Rear | ABS-Drum brake front and rear Dual circuit, full air system |
Retarder | |
Suspension | |
Front | Parabolic, double-acting telescopic shock absorbers |
Rear | Parabolic, double-acting telescopic shock absorbers |
Fuel Tank | |
Capacity | 380 Litres |
Gross Weight | |
Front axle | 6 600 kg |
Rear axle | 11 000 kg |
Tyres | |
Size | 295/80 R 22.5 |
Electrical System | |
Output | 24 V |
Battery | 2 x 200 Ah |
Alternator | 140 Ah |
Starter | 4 kW |
0 komentar:
Posting Komentar